Ramadan-Lebaran Kaum Milenial Harusnya Beli Rumah Impian


Mengacu terhadap hasil riset Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1 2019, Kepala Marketing Rumah.com, Ike Hamdan menjelaskan, berdasarkan rentang umur costumer properti, generasi milenial menjadi responden yang paling antusias untuk belanja rumah di dalam enam bulan ke depan.

Preferensi mereka adalah kisaran harga menengah dan dekat bersama dengan transportasi umum. Sayangnya, milenial belum memiliki perencanaan yang masak di dalam konsep pembelian rumah.

"Responden bersama dengan rentang umur 28-30 th. paling banyak memiliki konsep untuk menjadi tinggal sendiri dan ganti dari rumah orangtua mereka. Milenial yang merencanakan keluar dari rumah orangtua di dalam enam bulan ke depan, tidak seutuhnya serta-merta belanja rumah. 25% pilih untuk mengontrak daripada belanja rumah sendiri," kata Ike.

Melihat knowledge yang ada, nampaknya minat dan permohonan milenial untuk hidup terpisah dari orangtua dan mandiri memadai tinggi. Namun, belum semua kalangan muda diiringi kemampuan dan keinginan untuk belanja rumah. Mereka perlu diyakinkan supaya sedini mungkin menyiapkan keuangannya untuk belanja rumah.

"Tren pasar properti yang condong landai menjelang Ramadan serta Idul Fitri mendatang sebetulnya mampu dimanfaatkan konsumen, terlebih milenial, untuk mampu mendapatkan rumah bersama dengan harga terbaik. Karena terhadap periode ini, pasar properti akan berpihak terhadap pembeli,' tahu Ike.

Menurutnya, Ramadan adalah periode di mana pasar berupa buyer’s market. Artinya, kekuatan tawar dari pengembang condong lebih lemah terhadap pembeli, baik itu costumer untuk ditinggali maupun costumer untuk investasi. Pada periode ini, pengembang umumnya tawarkan banyak promo, bonus, serta kemudahan lainnya.

"Bagi mereka yang belum memiliki rumah dan generasi milenial yang inginkan belanja rumah, alih-alih membelanjakan tunjangan hari raya atau bonus lainnya untuk kebutuhan konsumtif seputar Ramadan dan Idul Fitri, lebih baik uangnya digunakan untuk membeli rumah," pungkas Ike.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel